Rabu, 18 Agustus 2010

RPP Penjas

Nama  Sekolah    : SMK Negeri  30  Jakarta
Mata Pelajaran    : Pendidikan  Jasmani, Olah raga, dan  Kesehatan
Kelas/Semester    : XI / 2
Pertemuan ke-    : 4
Standar Kompetensi    : Mempraktikan berbagai keterampilan permainan olahraga
      dalam bentuk sederhana dan nilai yang terkandung didalamnya
Kode  Kompetensi    : ......
Kompetensi Dasar    : Mempraktikan keterampilan bermain salah satu permainan dan
      Olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran,
      Menghargai, semangat, dan percaya diri.
Alokasi Waktu    : 8  x  45  Menit
Indikator    : 
@    Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar  melempar dan menangkap bola  (chest pass, bounce  pass, over  head pass, dan side pass), menggiring  bola dan menembah ke ring basket dengan koordinasi  yang  baik.
@    Bermain bolabasket dengan menggunakan  peraturan  yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai – nilai  kerjasama,  toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai  lawan, bersedia  berbagi tempat  dan  peralatan.
I.    Tujuan  Pembelajaran
1.    Siswa  dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar dab menangkap bola (chest pass, bounce pass, over head pass, dan side pass), menggiring bola dan menembak  ke ring  basket dengan koordinasi  yang  baik.
2.    Siswa dapat bermain bola basket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai – nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
II.    Materi  Pembelajaran.  ( Permainan  Bola Basket)
1.    Variasi dan kombinasi teknik dasar  melempar  dan menangkap bola  (chest  pass, bounce pass, over  head  pass,  dan  side  pass),  menggiring  bola  dan  menembak  ke  ring basket  dengan  koordinasi  yang  baik.
2.    Bermain  bola basket  dengan  menggunakan  peraturan  yang  dimodifikasi.
III.     Metode Pembelajaran.
v    Demonstrasi
v    Inclusive  (cakupan)
v    Bagian  dan  keseluruhan  (part  an  whole)
v    Permainan   (game)
v    Saling  menilai  sesama  teman  (Resiprocal)
IV.     Langkah - langkah  Pembelajaran.
Pertemuan  ke – 1  sampai  3
A.    Kegiatan  awal.  (15  menit)
1.    Bebaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi, dan penjelasan tujuan pembelajaran.
2.    Pemanasan  secara  umum.
3.    Berlari  mengelilingi  lapangan  bola volly
4.    Pemanasan  khusus  bola  basket  dalam bentuk permainan.

B.    Kegiatan  inti.  ( 60 menit )
v    Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik melempar dan menangkap bola (chest  pass, bounce pass, over head pass, dan side pass), menggiring  bola dan menembak  ke ring  basket dengan koordinasi  yang  baik.
v    Melakukan  latihan  variasi  dan  kombinasi  teknik dasar melempar dan menangkap bola . (chest  pass, bounce pass, over head pass, dan side pass), menggiring bola dan menembak ke ring basket dengan koordinasi  yang  baik  (berpasangan maupun berkelompok)
v    Bermain bola basket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok  (jumlah pemain, lapangan permainan, dan peraturan permainan  dimodifikasi)

C.    Kegiatan  Akhir  (15 menit)
1.    Pendinginan  (colling  down)
2.    Evaluasi,  diskusi  dan  tanya  jawab  proses  pembelajaran  yang telah dipelajari 
3.    Berbaris  dan  berdoa.

Pertemuan  ke – 4.
v    Kegiatan  awal.  (10  menit)
1.    Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi, dan penjelasan tujuan uji kompetensi
2.    Pemanasan  secara  umum
3.    Berlari  mengelilingi  lapangan  bola basket

B.    Kegiatan  inti.  ( 70 menit )
Uji  kompetensi  permainan  bola basket  yang  terdiri  dari :
v    Uji  Kompetensi  melemp-ar  dan menangkap  bola  basket
v    Uji  Kompetensi  menggiring  bola basket
v    Uji  Kompetensi  menembak  bol basket  ke  ring
v    Uji  Kompetensi  variasi  dan  kombinasi  teknik  dasar  permainan  bola basket
C.    Kegiatan  Akhir  (10 menit)
v    Pendinginan  (colling  down)
v    Evaluasi,  diskusi  dan  tanya  jawab  proses  pembelajaran  yang telah dipelajari 
v    Berbaris  dan  berdoa.

V.     Alat /Bahan/Sumber Belajar
1.    Alat  Pembelajaran.
v    Bola  basket  atau  sejenisnya
v    Lapangan  permainan  bola basket  atau  lapangan  sejenisnya
v    Ring  Basket
v    Pluit

2.    Sumber  Pembelajaran.
v    Media  Cetak.
·    Buku  pegangan  guru  dan  siswa  SMK  kelas  XI, Muhajir,  Pendidikan  Jasmani, olah raga, dan kesehatan, jakarta, Erlangga
·    Lembar  Kerja  Siswa  9LKS), Muhajir, Pendidikan  Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
·    Buku  permainan  bola basket
v    Media  Elektronik.
·    Audio/video  teknik  dasar  permainan  bola basket
·    Rekaman/cuplikan pertandingan  bola volly  (liga bola basket)
VI.     Penilaian
1.    Teknik  dan  Bentuk  Penilaian
a.    Tes  Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknim dasar melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket, unsur – unsur yang dinilai adalah kesempurnaan  melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi)

·    Contoh  penilaian proses teknik dasar permainan bola basket (penilaian keterampilan kecabangan).


No    Nama Siswa    Lempar tangkap                                                              
        1    2    3    4    ∑                                                           

b.   
c.   
2.   
3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar